Polri dan TNI Gelar Patroli Cipta Kondisi Antisipasi Guantibmas Jelang Pilkades Madina 2022

Menjelang Pilkades Serentak Tahun 2022, Polres Mandailing Natal (Madina) melaksanakan patroli cipta kondisi di Lapangan Mako Polres Madina, Minggu (18/12/2022)

topmetro.news – Menjelang Pilkades Serentak Tahun 2022, Polres Mandailing Natal (Madina) melaksanakan patroli cipta kondisi di Lapangan Mako Polres Madina, Minggu (18/12/2022), sekira pukul 19.30 WIB, untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif.

Dalam kegiatan tersebut, selain Kapolres Mandailing Natal AKBP HM Reza Chairul AS SIK SH MH, juga hadir Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis SH, Sekda Madina Alamulhaq Daulay, Kadis PMD Madina Mukhsin Nasution, dan tokoh agama Ustadz H Mahyuddin Lubis.

Pada pelepasan Personil Gabungan Patroli Cipta Kondisi tersebut juga hadir dari Pamatwil Polda Sumut, yaitu Kabid Kum Kombes Pol Andry Setiawan SIK SH MH. Kemudian, Kabid Keu Kombes Pol Ikhsan Taqwil serta Dan Yon C Brimob Polda Sumut AKBP B Zega.

Personil gabungan yang melakukan patroli terbagi atas dua tim. Pertama dengan rute seputaran wilayah Kota Panyabungan sampai ke Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Sedangkan tim kedua dengan rute wilayah Kecamatan Panyabungan Utara sampai ke Kecamatan Siabu yang tersusun dalam Rayon 1. Begitu juga di Rayon II dan Rayon III dilaksanakam Patroli Skala Besar Cipta Kondisi yang langsung dipimpin Pamemwas masing-masing.

Personil yang tergabung kurang lebih 100 orang. Di mana yang melakukan patroli dari Ditsamapta Polda Sumut dan Sat Brimob Den C Sipirok Polda Sumut, Sat Samapta Polres Madina, dan personil Koramil 13 Panyabungan, menggunakan ranmor roda 2 dan 4.

Dalam kesempatan itu, AKBP HM Reza Chairul AS SIK SH MH dalam keterangan pers mengatakan, TNI Polri mengadakan patroli gabungan dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang Pilkades Serentak pada tanggal 19 Desember 2022. Di mana ada 21 kecamatan dengan 62 desa di Kabupaten Madina yang menggelas pilkades.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka menciptakan sitkamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pilkades esok hari (hari ini-red),” sebutnya.

Daerah Rawan

Mantan KabagOps Poltabes Medan ini juga menjelaskan bahwa daerah yang sangat rawan dalam Pilkades Madina adalah Pantai Barat Madina. Di mana pada Pilkades sebelumnya banyak yang jadi calon kepala desa (cakades) di daerah tersebut.

Kapolres Madina juga menjelaskan bahwa petugas yang turun sebanyak 460 orang. Terdiri dari personil Polres Madina, Brimob Poldasu dari Batalyon C, dan unsur TNI.

Sementara Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis SH dalam keterangannya mengharapkan Pilkades Serentak di Madina dapat berjalan dengan lancar. “Dan keraguan-keraguan kita selama ini dalam pilkades, mudah-mudahan tidak akan terjadi. Dan Pilkades esok hari (hari ini-red), dapat lancar dan sukses,” katanya.

“Kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari ini sangat baik sekali untuk mengantisipasi hal -hal yang tidak diinginkan. Mari kita sama sama mendoakan Pilkades Serentak di Madina dapat berlangsung lancar dan sukses,” tutupnya

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment